40.000 Warga Tertunda Dapat Cetak KTP Elektronik | Kalimantan Timur Uri.co.id

Kalimantan Timur Uri.co.id

Menu

40.000 Warga Tertunda Dapat Cetak KTP Elektronik

40.000 Warga Tertunda Dapat Cetak KTP Elektronik
Foto 40.000 Warga Tertunda Dapat Cetak KTP Elektronik

URI.co.id, BALIKPAPAN – Kurang lebih 40.000 warga Kota Balikpapan yang sudah masuk dalam daftar tunggu penerima KTP elektronik (e-KTP) diminta bersabar.

Mereka harus menunggu hingga permintaan blanko e-KTP dikabulkan Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan, Chairil Anwar saat ditemui URI.co.id di kantornya, Kamis (16/3/2017) mengemukakan, lambatnya penerbitan e-KTP di Balikpapan karena keterbatasan kuota blanko e-KTP yang dikirim ke Balikpapan.

“Paling banyak dalam sebulan kita terima 4.000 blanko e-KTP, sementara saat ini, kalau di kalkulasikan ada 40.000 orang yang sudah masuk daftar tunggu penerima cetak KTP elektronik,” kata Chairil.

Dirinya juga menjelaskan, meski minim kuota serta blankonya tidak tersedia. Pihak Disdukcapil Kota Balikpapan terus melayani warga yang yang hendak mengganti atau mengurus KTP baru.

“Kami bekerja sesuai aturan normal saja, salah satu hal penting dalam proses E-KTP adalah perekaman data. Setiap harinya kami layani 100-300 proses perekaman data,” ujar Chairil.

Bagi masyarakat yang berurusan administrasi di beberapa instansi yang mewajibkan dilampirkanya KTP sebagai syarat bisa diganti dengan Surat Keterangan KTP dalam Proses. Surat keterangan ini menurut Chairil diatur dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri no 471.13/10231/DUKCAPIL tanggal 29 September 2016 dan no 471.13/11691/DUKCAPIL tanggal 3 November 2016.

Surat Keterangan ini menurutnya menadakan bahwa yang bersangkutan telah melakukan proses perekaman. Hanya saja e-KTP nya belum terbit.

Tambah Chairil, warga dapat langsung mengecek cetak KTP elektronik dengan cara masuk ke website Disdukcapil Kota Balikpapan, di alamat http://capil.balikpapan.go.id. Lalu masukan nomor kuitansi pengambilan cetak KTP yang tersedia di laman tersebut.

“Jadi warga bisa cek langsung kabar cetak KTP elektroniknya. Perhitungan kami, blanko E-KTP tiba sekitar bulan Mei 2017,” kata Chairil. (uri/ark/ewanti/MD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Kalimantan Timur Uri.co.id