Lebaran Sudah Tiba, Ini 7 Poin Imbauan Kalak BPBD Paser

oleh

Uri.co.id, TANA PASER – Lebaran sudah tiba. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama merayakan Idul Fitri, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser Edwar Effendi, Selasa (4/6/2019), mengimbau masyarakat Kabupaten Paser untuk tak lupa berhati-hati.

“Biasanya di malam Lebaran banyak warga yang lembur. Ibu-Ibu memasak persiapan Lebaran, Bapak-bapaknya juga banyak diurus, malamnya sudah capek dan terkadang lupa mematikan kompor, hal itu bisa mengakibatkan musibah kebakaran,” kata Edwar Effendi.

Sebagaimana yang sudah menjadi tradisi di masyarakat, hari pertama Lebaran diisi dengan bersilaturahmi ke rumah orangtua, keluarga, kerabat dan tetangga. Meski dalam suasana suka cita saling bermaaf-maafan, jangan lupa pastikan semua aman sebelum meninggalkan rumah.

“Kalau rumah sudah terkunci, setidaknya kita sudah mencegah rumah dimasuki maling. Itu karena kita tidak memberi kesempatan pada maling atau pencuri melakukan tindak kejahatan. Begitu pula saat memarkir kendaraan, pastikan di parkir di tempat yang aman dan kendaraan dalam keadaan terkunci,” ucap Edwar Effendi.

Kepada keluarga-keluarga yang mengisi libur Lebaran dengan rekreasi ke objek-objek wisata, Edwar Effendi berpesan kepada para orangtua untuk terus mendampingi anak-anaknya, terutama anak usia di bawah lima tahun. “Saya harap sedetik pun si buah hati jangan sampai lepas dari padangan kita, bukan kah liburan untuk menyenangkan si buah hati,” tambah Edwar Effendi.

7 Poin Imbauan Kalak BPBD Paser

1. Setelah selesai memasak buat Lebaran jangan lupa mengecek kembali dan mematikan kompor. Jangan sekali-kali meninggalkan kompor dalam keadaan menyala demi menghindarkan kita dari ” BAHAYA KEBAKARAN “.

2. Apabila ingin meninggalkan rumah silaturahmi, liburan atau beristirahat tidur, diharapkan terlebih dahulu memeriksa dan mengecek kembali KOMPOR, KUNCI PINTU, KUNCI JENDELA dan ALAT-ALAT LISTRIK LAINNYA, demi keamanan dan kewaspadaan bersama.

3. Jika aliran listrik PLN padam, maka yang menggunakan alat penerangan alternatif. Seperti LILIN, LAMPU SUMBU DLL atau yang sedang menyalakan OBAT NYAMUK BAKAR, diharapkan menempatkan posisi benda-benda tersebut di tempat yang benar-benar aman, jauh dari jangkauan anak-anak dan jauh dari barang/benda yang mudah terbakar.

4. Bagi penggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 agar memastikan kendaraannya yang PARKIR, benar-benar aman dan terjangkau oleh pengawasan Anda, kalau perlu gunakan kunci ganda. Dan jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan.

5. Buat Semua orangtua, teman-teman dan adik-adik yang hendak mengisi Liburan dengan berwisata, harap berhati-hati!!! Hindarkan dari tempat yang membahayakan jiwa, terutama yang suka mandi di sungai, bekas galian tambang maupun pantai, jangan sampai terulang kejadian-kejadian yang mengakibatkan korban jiwa.

6. Jangan buang sampah sembarangan, tetap jaga kebersihan lingkungan dan alam Kabupaten Paser.

7. Waspadai pelaku GENDAM di tempat-tempat umum.

Subscribe official YouTube Channel Kaltim

Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 4 Juni 2019, Gemini Bersenang, Leo Bersantai, Taurus Mesti Waspada!

Download Lagu MP3 Bertema Lebaran 2019, Sabyan Gambus Berjudul Idul Fitri, Nih Cara Download Lagu Ya

BREAKING NEWS – Hujan Baru Satu Jam, Kawasan Jalan Wonorejo Balikpapan Tergenang Air

Pengganti Ivan Kolev Dikabarkan Sudah Berada di Jakarta, Inikah Sosok Pelatih Baru Persija Jakarta?

Keluarga Bantah Penggerebekan Ifan Seventeen yang Videonya Jadi Viral, Penjelasan Soal Citra Monica

Jadwal Lengkap 7 Film Spesial Lebaran 2019 di Trans 7 Movievaganza, Ada Sebentar Lagi Tayang

Jalin Silaturahmi, IKAPTK Bagikan Bingkisan Lebaran ke Senior Purna Tugas hingga Penyapu Jalan

Pawai Idul Fitri dan Takbiran Keliling Garapan Pemkot Balikpapan Digelar Malam Ini, Berikut Rutenya

Mampu Tampung Ribuan Jamaah Area Parkir eWalk BSB Disulap Jadi Tempat Salat Idul Fitri. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!