SilPA APBD 2019 Bontang Diprediksi Tembus Rp 300 Miliar, Ini Penyebabnya

oleh

Uri.co.id,BONTANG — Pemkot Bontang  memperkirakan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SilPA) 2019 sekitar Rp 300 miliar. Jumlah dana SilPa ini mengalami peningkatan sebesar Rp 75 miliar dibandingkan  tahun sebelumnya.

Penyebab SilPA akibat sejumlah faktor, salah satunya upaya penghematan pemerintah dari sejumlah kegiatan belanja proyek dan insentif atas prestasi yang diraih.

Walikota Bontang, Neni Moerniaeni mengatakan upaya efisiensi pemerintah dalam menggelar lelang proyek terbukti berhasil. Hampir seluruh kegiatan bisa menghasilkan penghematan bagi keuangan daerah.

“Lelang-lelang proyek yang dilakukan banyak hemat, jadi ada selisih yang kita terima ini yang jadi SilPa buat Kota Bontang,” ujar Neni kepada wartawan baru-baru ini.

Menurut Neni, SilPa daerah diperlukan sebagai modal pembiayaan kegiatan pemerintah di awal tahun. Sebagai daerah yang banyak bergantung dari suntikan APBN, kucuran anggaran dari pusat biasanya dilakukan per triwulan.

Kekosongan biaya awal tahun disiasati dengan penggunaan dana SilPa dari tahun sebelumnya. Untuk itu, pengelolaan keuangan perlu mempertimbangkan  keseimbangan antara belanja dan pendapatan salah satunya, pengelolaan SilPa daerah.

“Untuk modal awal tahun ini , kalau tidak ada SilPa nanti kita jalankan kegiatan awal tahun mau dapat dari mana, sedangkan dana dari pusat biasanya mulai turun April atau Maret,” ujar dia.

Untuk informasi, Silpa Bontang di tahun 2018 lalu sebesar Rp 225 miliar dengan APBD Bontang kala itu sebanyak Rp 1,1 triliun.

Hasil Silpa ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya sejumlah kegiatam proyek yang terhambat akibat bencana di Palu Sulawesi Tengah. (*)

Subscribe official YouTube Channel

BACA JUGA:

Balapan MotoGP di Sirkuit Mugello Tanpa Valentino Rossi, Pilih Tunggangi Motocross

TERPOPULER Misteri warga Rusia di Sisi Prabowo Subianto, Turut Terbang Menuju Dubai, Begini Faktanya

Ketahuan Selingkuh, Istri Sah Buat Petisi Pemecatan Suaminya dari TNI, Dukungan Terus Mengalir

AHY dan Sandiaga Uno Masuk Nominasi? Jokowi Beberkan Kriteria Calon Menteri di Kabinet Baru

Rupanya Liverpudlian, Begini Cara Iron Man Dukung Liverpool di Final Liga Champions ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!