5 Desa dan Satu Dusun di Kukar Ini Jadi Sasaran Program Kampung Iklim

oleh

Uri.co.id,TENGGARONG – Lima desa dan satu dusun di wilayah Kabupaten Kukar menjadi sasaran program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Dari 6 kampung iklim ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar melakukan pembinaan terhadap 4 kampung iklim, meliputi Desa Sumber Sari (Kecamatan Loa Kulu) dan Desa Embalut (Tenggarong Seberang), lalu diusulkan Desa Loa Duri Ulu (Loa Janan) dan Dusun Pulau Mas (Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang).

“Ada 2 lagi usulan langsung dari perusahaan HTI, yakni Desa Manunggal Daya (Kecamatan Sebulu) dan Desa Muara Enggelam (Muara Wis), jadi total ada 6 kampung iklim,” kata Rustam Effendi, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Kukar, Senin (27/5/2019).

Untuk di Dusun Pulau Mas dan Desa Loa Duri Ulu, pihak DLHK bekerja sama dengan perusahaan sekitar. Rustam menerangkan, Proklim ini hampir mirip dengan adipura.

“Kampung iklim ini di dalamnya ada pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, hutan desa dan resapan air yang harus dijaga sehingga warga tidak akan kekurangan air meskipun musim kemarau tiba,” tuturnya.

Ia mengemukakan, keberadaan resapan air atau embung ini untuk menjaga kualitas air di dusun dan desa.

“Ada juga desa binaan perusahaan, seperti Desa Embalut yang memiliki pengelolaan biogas dari kotoran sapi, yang paling tinggi nilainya kalau ada mata air,” kata Rustam.

Penilaiannya dilakukan langsung dari pusat. “Prosesnya memang lama, berjalan 2 tahun baru kita usulkan melalui SRN (Sistem Registri Nasional), kita langsung mengisi data-data itu,

hutan desa kita isi, nanti ketika isian sudah lengkap baru dikirim lewat jaringan internet, nanti dinilai, minimal dapat nilai 81 tim nasional akan turun untuk verifikasi,” ucapnya.

Ada beberapa kategori dalam penilaian ini untuk mendapatkan penghargaan nasional.

“Desa Embalut sudah dapat sertifikat karena sistem pertanian terpadunya,” ujarnya. Ke depan, lanjut Rustan, DLHK akan mengusulkan lebih banyak lagi untuk proklim di Kukar.

Dalam Rakor Lingkungan Hidup yang digelar di Kubar pada 2018 lalu, Pemprov Kaltim menargetkan 200 Proklim se-Kaltim.

“Kita baru punya 6 kampung iklim, kalau dihitung dari target provinsi 200 proklim, kita dapat jatah 20,” ucap Rustam. Proklim sendiri merupakan program lama, bahkan saat DLHK masih berstatus BLHD program ini sudah ada.

Subscribe official YouTube Channel

BACA JUGA:

TERPOPULER: Sikap Tegas Al El & Dul Jaelani pada Mulan Jameela, Bela Maia Estianty?

Media Sosial dan Whatsapp Sudah Normal, Begini Cara Hilangkan Dampak Buruk VPN Pada Ponsel

Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri 2019, dalam Bahasa Indonesia, Arab, Inggris dan Jawa

Mustofa Nahrawardaya Ditangkap Polisi Terkait Cuitan Kerusuhan 22 Mei, Apakah Isinya?

Dua Eks Ketua Mahkamah Konstitusi Kompak, Sebut Hasil Pilpres 2019 Bisa Diubah, Prabowo Bisa Menang ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!