Di Sangatta PPDB Online Terpaksa Diperpanjang, Banyak Orangtua Mengaku Kesulitan,Plus Jaringan Jelek

oleh

Uri.co.id, SANGATTA – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online menjadi pengalaman baru di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Karena baru diberlakukan tahun ini. Itu pun hanya di 11 sekolah tingkat SD di Kecamatan Sangatta Utara dan enam sekolah tingkat SMP di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

Keluhan tentang sistem ini pun langsung bermunculan. Bahkan tak sedikit orang tua yang nekat mendatangi sekolah, untuk mendaftar anaknya tanpa melalui sistem PPDB online.

“Susah sekali. Nggak ngerti caranya. Sudah masukkan nama, tapi username nya tak keluar-keluar. Belum lagi, jaringannya pas jelek. Coba seperti biasa saja. Bawa berkas anak ke sekolah, langsung dicatat,” ungkap Lela, yang ingin memasukkan anaknya ke SD 011 Sangatta Utara.

Pengalaman berbeda dirasakan Nophi, warga Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sangatta Utara. Ia ingin memasukkan anaknya ke SMP Negeri 1 Sangatta Utara. Tapi hasil perhitungan koordinat jarak rumah ke sekolah, terpaksa sang anak menerima nasib bersekolah di SMPN 3 Sangatta Utara.

Orangtua mendatangi sekolah untuk daftar PPDB, umumnya karena daftar online susah

Orangtua mendatangi sekolah untuk daftar PPDB, umumnya karena daftar online susah (Uri.co.id, MARGARET SARITA)

“Saat melaporkan koordinat tempat tinggal, dari rumah ke SMPN 1 jaraknya 1,455 Km, sedangkan dari rumah ke SMPN 3, jaraknya tercatat 1,320 km. Jadi masuk ke sekolah yang terdekat. Nggak bisa pilih-pilih,” ungkapnya.

Menanggapi banyaknya keluhan masyarakat, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kutim, Syaiful Imron mengakui pemberlakuan sistem baru, pasti banyak kendala. Namun, sistem tersebut harus dimulai. Sebagai tindakan antisipasi terjadinya kolusi antara sekolah dan orang tua siswa serta penumpukan siswa berprestasi hanya pada satu atau dua sekolah saja.

“Jadi, sekarang itu sistemnya sudah online sesuai peraturan kementerian pendidikan nasional, dengan mengacu pada zonasi dan koordinat tempat tinggal peserta didik yang mendaftar. Penyebaran peserta didik jadi merata. Mereka yang dekat dengan sekolah, bisa terserap. Prestasi sekolah merata dan bisa bersaing,” ungkap Syaiful Imron.

Soal banyaknya kendala yang dihadapi pada sistem anyar ini, menurut Syaiful Imron pihaknya tengah membuat surat perpanjangan masa waktu PPDB online dI Sangatta Utara maupun Sangatta Selatan.

“Masa pendaftaran online diperpanjang sampai Jumat (24/5) mendatang. Untuk semua sekolah, baik SD maupun SMP. Agar pengumumannya juga sekaligus, pada Senin (27/5),” ujarnya.(sar)

BACA JUGA:

KPU Tetapkan Jokowi-Maruf Amin Dulang 55,50 Persen Suara, Suara Sah Nasional Capai 154.257.601

TERPOPULER – Jelang 22 Mei, Amien Rais dan Habib Rizieq Shihab Ditantang 6 Tokoh Relawan Jokowi

Cari Kado Lebaran? Cek Harga 11 HP Xiaomi Terbaru Redmi 7 hingga Redmi 6A, Mulai Rp 800 Ribuan

Berikut Download Lagu On My Way juga Lagu Terbaru Lainnya Kill This Love BLACKPINK dan Via Vallen

TERPOPULER – Sang Istri Ditemukan Tewas Dalam Karung, Feri Kejar Pelaku dengan Leher Berdarah ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!