Irwan, Pemuda Sangkulirang yang Lolos Jadi Wakil Rakyat di DPR RI, Fokusnya: Green Economy dan DBH

oleh

SANGATTA – Duduk di parlemen sebagai wakil masyarakat Kalimantan Timur tak ada dalam bayangan masa kecilnya. Namun, sikap kritis dan kegigihan Irwan untuk menyuarakan persoalan-persoalan yang terjadi di Kabupaten Kutai Timur dan Kalimantan Timur, membuat namanya diperhitungkan di kancah perpolitikan nasional.

Hingga akhirnya, dalam Pemilu 2019, ia pun terpilih bersama tujuh politisi Kaltim lainnya ke DPR RI.

Irwan adalah pemuda asal Kecamatan Sangkulirang di pesisir Kabupaten Kutai Timur.

Irwan Berhasil duduk sebagai perwakilan Kaltim setelah mengantongi 40.329 suara, yang hampir separuhnya diperoleh dari warga Kutim.

Kenekatannya duduk di parlemen nasional bukan tanpa alasan.

Irwan ingin memperjuangkan konsep pembangunan green economy dan keadilan pembagian dana bagi hasil antara pusat dan daerah. Keduanya ini menjadi fokus perjuangan saat duduk nanti di DPR RI.

“Pertama, membangun green economy. Fokus pada aturan dan regulasi. Sebab, dengan itu, roda ekonomi yang bersandar di migas, batu bara bisa terarah,” ujar Irwan.

Kedua, kata Irwan, perjuangan pembagian dana bagi hasil yang memenuhi unsur keadilan bagi daerah penghasil.

Dana Bagi Hasil atau DBH Kalimantan Timur dari migas dan batu bara tidak sebanding dengan apa yang dirasakan warga di daerah operasional.

Belum lagi, terjadi pemangkasan oleh pemerintah pusat pada keuangan daerah yang sangat bergantung pada transfer dari pusat.

“Perlu pengawalan ketat terhadap dana bagi hasil melalui aturan. Misi saya melakukan gugatan sampai MA, sudah terpenuhi.

Namun putusan yang diterima masih kurang memuaskan. Itu juga akan menjadi salah satu fokus perjuangan saya.

Bagaimana, Kutim maupun Kaltim, bisa memperoleh dana bagi hasil yang berkeadilan,” kata Irwan.

Untuk kedua target tersebut, Irwan pun mengaku siap pasang badan.

“Saya akan pasang badan untuk kepentingan rakyat. Saya sudah minta izin ke keluarga, terutama ke istri.

Mengingat, banyak risiko yang dihadapi dalam perjuangan ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui, hasil Pleno Rekapitulasi Surat Suara di tingkat Provinsi oleh KPU Kalimantan Timur, akhir pekan kemarin mencatat, Irwan menjadi satu di antara delapan caleg yang bakal melenggang ke Senayan.

Politisi lainnya adalah, Rudi Mas’ud (Golkar) 128.910 suara, Safaruddin (PDIP) 86.528 suara, Budisatrio Dwijandono (Gerindra) 73.137 suara, Aus Hidayat Nur (PKS) 51.409 suara, Awang Faroek Ishak (NasDem) 34.084 suara, Hetifah Sjaifudian (Golkar) 64.687 suara, dan Ismail Thomas (PDIP) 49.174 suara.

(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!