Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Diturunkan16 Persen, Lihat Perubahan Harga Tiket Mudik Lebaran

oleh

Uri.co.id – Pemerintah akhirnya mengambil kebijakan menurunkan tarif batas atas harga tiket pesawat untuk semua maskapai.

Kebijakan in diambil setelah melihat tingginya harga tiket pesawat yang dijual oleh seluruh maskapai penerbangan.

Berdasarkan hasil Rapat Koordiansi (Rakor) Kemeterian Bidang Perekonomian, penurunan tarif batas atas tiket pesawat itu berkisar di angka 12 sampai 16 persen.

Penurunan tarif ini akan mujlai berlaku setelah tanggal 15 Mei 2019.

Melansir dari kompas.com, Menteri Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan, penurunan tarif batas atas tiket pesawat ini bukan hanya memperhatikan kepentingan maskapai.

Namun juga kepentingan masyarkat selaku pengguna angkutan udara.

“Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memperhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat,” katanya Senin (13/5/2019).

Penurunan tarif batas atas sebesar 12 persen sendiri akan berlaku di rute-rute gemuk di pulau Jawa.

Selain itu penurunan harga tiket pesawat juga berlaku untuk penerbangan ke Jayapura.

Semenatara di laman penjulan tiket Traveloka sejumlah harga tiket pesawat terutama di momen mudik lebaran belum juga mengalami perubahan.

Untuk pemberangkatan dari Balikpapan ke Jakarta tanggal 4 Juni 2019, misalnya, tiket termurah diberikan oleh maskapai Citilink dengan harga Rp 1.870.500.

 Semenaraa Garuda Indonesia menjual harga tiketnya lebih mahal dibanding maskapai lainnya.

Maskapai ini menjual tiket dengan harga Rp 2.144.400 untuk tiket tujuan Balikpapan ke Jakarta.

Sedangkan untuk rute Balikpapan – Jogjakarta pada tanggal 4 juni 2019, harga tiket pesawat termurah dijual oleh Lion Air.

Maskapai berlogo Singa itu membandrol harga tiket penerbangannya sebesar Rp 2.566.300.

 Sementara untuk rute Jakarata ke Suarabaya pada tanggal 4 juni 2019, harga tiket yang ditawarkan masih di atas Rp 1 juta.

Maskapai Lion Air menjual harga tiket pesawatnya untuk penrbangan sehari sebelum Lebaran itu dengan harga Rp 1.244.400.
Harga tiket rute Jakarta-Surabaya di laman Traveloka

Harga tiket rute Jakarta-Surabaya di laman Traveloka (capture/Traveloka)

 Berdampak ke Pariwisata

Pemerintah memutuskan menurunkan tarif batas atas tiket pesawat. Penurunan tarif batas atas tiket pesawat ini membuat masyarakat bisa mendapatkan tarif tiket yang relatif terjangkau.

Keputusan ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah rapat koordinasi terbatas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (13/5).

Keputusan tersebut akan ditetapkan dalam dua hari mendatang setelah rapat koordinasi terbatas ini. Target penetapan tarif batas atas adalah 15 Mei 2019.

Budi Karya menuturkan dalam dua bulan terakhir pihaknya mengimbau maskapai penerbangan memberikan tarif tiket yang lebih terjangkau bagi masyarakat, terutama menjelang hari raya Idul Fitri. 
Namun demikian, tarif tiket pesawat dikeluhkan masih terlalu mahal. Hal ini bahkan berdampak kepada pariwisata dan okupansi hotel.
ILUSTRASI. Area check-in atau konfirmasi tiket pesawat di bandara

ILUSTRASI. Area check-in atau konfirmasi tiket pesawat di bandara (ANTARA/AJI STYAWAN)

“Melihat hal itu tidak bisa diikuti, Pak Menko (Darmin Nasution, red) mengajak kami rapat dan kami beberapa kali mendapat kunjungan dari Kemenpar (Kementerian Pariwisata, red) berkaitan dengan dampak kepada dunia pariwisata dan perhotelan,” tutur Budi.

Budi menjelaskan pengitungan penurunan tarif batas atas ini menghitung harga pokok penjualan dari maskapai penerbangan kategori full service.

Sesuai undang-undang yang berlaku, Kementerian Perhubungan dapat mengambil keputusan untuk menentukan tarif batas atas.

“Kita tetapkan batas 12 sampai 16 persen dan ini hanya diperuntukkan untuk pesawat jet, jadi tidak termasuk yang lain,” jelas Budi.

Selain itu, Budi mengimbau maskapai berbiaya murah atau low-cost carrier (LCC) untuk menyesuaikan tarif.
Kenapa Harga Tiket Pesawat Dalam Negeri Lebih Mahal Ketimbang Penerbangan ke Luar Negeri? Ini Penyebabnya

Kenapa Harga Tiket Pesawat Dalam Negeri Lebih Mahal Ketimbang Penerbangan ke Luar Negeri? Ini Penyebabnya (via Citylife Madrid)

Paling tidak maskapi LCC memberikan tarif 50 persen dari tarif batas atas. Tujuannya adalah masyarakat mendapatkan tarif tiket pesawat yang relatif terjangkau.

“Semua ini kami sosialisasikan kepada stakeholder agar bisa diselesaikan dan efektif,” kata Budi. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan penurunan tarif tiket pesawat ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk, seperti rute-rute di daerah Jawa. Penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute penerbangan seperti rute penerbangan ke Jayapura, Papua.

“Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat,” ujar Darmin.

Darmin menjelaskan pemerintah mencatat adanya kenaikan tarif pesawat penumpang udara oleh para perusahaan maskapai penerbangan dalam negeri sejak akhir Desember 2018 dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Dampak dari kejadian ini dirasakan oleh masyarakat, terutama saat menjelang musim lebaran dan teridentifikasi merupakan isu yang berskala nasional.

Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri (“Tarif Batas Atas”) sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 72 Tahun 2019 tidak berubah secara signifikan sejak tahun 2014 dan termasuk jadi penyebab tarif angkutan penumpang udara tidak kunjung turun.
Heboh Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal, Warga Aceh Bikin Paspor untuk Pergi ke Jakarta

Heboh Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal, Warga Aceh Bikin Paspor untuk Pergi ke Jakarta ((Budi Fatria))

Kondisi lain yang menyebabkan tingginya tarif pesawat dalam negeri adalah kenaikan harga bahan bakar pesawat terbang (avtur).

Pada akhir Desember 2018, harga avtur menyentuh 86,29 dollar Amerika Serikat per barel, tertinggi sejak Desember 2014.

Hal ini berdampak pada peningkatan beban operasional perusahaan maskapai penerbangan sehingga perlu dikompensasi dengan peningkatan tarif pesawat.

BACA JUGA:

Maju di Dapil yang Sama, Titiek Soeharto Berbeda Nasib dengan Putra Amien Rais

Dibakar Api Cemburu, Duel Maut Mantan vs Calon Suami ZR Berujung Kematian

Ini Klarifikasi Pria yang Berang Gegara Hanya Diberi Sumbangan Seribu Rupiah di Indomaret

Robert Rene Alberts Akui Persib Bandung Terlambat Bentuk Tim, Singgung soal Pergantian Pelatih

Real Madrid Tumbang, Persaingan di Zona Liga Champions Kian Ketat

Like dan follow fanspage facebook

Follow Twitter

Follow Instagram

Subscribe official YouTube Channel ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!