Harga Cabai dan Beras Cenderung Stabil di PPU, Ini Kata Kadis Ketahanan Pangan

oleh

Uri.co.id, PENAJAM – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Surito Widarie menuturkan, kenaikan harga bawang putih dan bawang merah bukan dalam kendali Dinas Ketahanan Pangan.

Kenaikan harga yang terjadi menurut Surito, karena stok kedua komoditi tersebut masih menyuplai dari luar Pulau Kalimantan.

“Saat ini di daerah Jawa, daerah penyuplai  mengalami gagal panen karena cuaca buruk. Stok yang beredar dipasaran merupakan stok minggu lalu,” katanya.

Selain karena kurang suplai, faktor bulan Ramadhan juga berpengaruh. Terjadinya hukum pasar dimana jika permintaan naik, secara otomatis harga akan meningkat.

Selain komoditi bawang, cabai terbilang masih aman sampai sekarang. Menurutnya, memang ada kenaikan harga, tapi kenaikan tidak terlalu signifikan karena daerah PPU juga banyak memproduksi rempah pedas itu.

“Ketersediaan cabai cukup untuk daerah PPU, karena sudah banyak petani cabai di sini. Kita usahakan tidak mengambil pasokan dari luar,” lanjutnya.

Harga cabai sendiri masih terpantau Rp 45.000/kilogram mulai H-7 Ramadhan hingga saat ini.

Sedangkan harga ayam, saat ini bertahan diangka Rp 40.000 sampai Rp 42.000 per kilogram. Dimana harga normal untuk ayam potong ini adalah Rp. 28.000 hingga Rp 30.000.

“Memang ada peternak ayam di sini, tapi perusahaan penyedia ayam potong itu ada di Balikpapan. Jadi ayam yang diternak di sini dibawa ke Balikpapan untuk diolah,

kemudian disalurkan kembali ke sini. Kita tidak bisa mengontrol hal tersebut karena kepunyaan korporasi,” jelasnya

Untuk telur dan beras, Surito menambahkan harga masih terpantau aman hingga saat ini, keduanya belum mengalami kenaikan.

“Kalau beras kita punya penyedia lokal, jadi Insya Allah tidak akan mengalami kenaikan,” imbuhnya.

Surito berharap pasokan yang datang ke wilayah PPU berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun, sebab akan berdampak pada kenaikan harga.

“Rata-rata kebutuhan pangan berasal dari luar Kalimantan, yakni Jawa dan Sulawesi. Mudah-mudahan pendistribusian pasokan bisa berjalan dengan lancar,” harapnya. (*)

BACA JUGA:

TERPOPULER – Inilah Sosok Suami Inka Christie, Pria Berusia 12 Tahun Lebih Muda Darinya

BEREDAR Lagu Baru Nissa Sabyan feat Adam Ali Berjudul Al Barq Al Yamani, Ini Video dan Liriknya!

Penyanyi Religi Opick Boyong Rambut Nabi Muhammad SAW dari Turki, Terbungkus Kain Hijau

TERPOPULER – Buntut Panjang Cuitan Rizal Ramli Didatangi Letkol AD yang Kini Diburu

TERPOPULER – Soal Pemindahan Ibu Kota Negara, Jokowi Sebut Bukit Soeharto Kaltim Sangat Mendukung

Like dan Follow Facebook 

Follow Twitter

Follow Instagram

Subscribe official YouTube

()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!