Pasokan Bawang Putih Segera tiba Di Kutim, Harga Diprediksi Turun jadi Rp 60.000/Kg

oleh

Uri.co.id, SANGATTA – Peninjauan sejumlah pasar tradisional terkait kenaikan harga bahan pangan kembali dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, Selasa (7/5).

Kali ini, Disperindag Kutim menggandeng jajaran  Polres Kutim untuk bersama-sama memantau perkembangan harga bahan pangan agar tidak mengalami lonjakan yang signifikan.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kutim, Ahmad Dony Evriady mengatakan, pemantauan ini dilakukan untuk  beberapa komoditi yang dilaporkan mengalami peningkatan harga.

Satu di antaranya bawang putih. Namun, dari harga Rp 100.000 per kg, kini harganya sudah turun Rp 10.000 per kg.

“Bawang putih, hari ini sudah turun Rp 10.000 per kg, jadi Rp 90.000. Namun, untuk yang kupasan, masih dijual Rp 100.000 per kg,” ungkap Doni.

Ia memastikan tak lama lagi harga bawang putih akan segera turun ke angka Rp 60.000 per Kg. “kami masih  tunggu, besok. Harganya akan turun jadi Rp 60.000 per kg, karena, paling cepat, besok pasokan bawang putih akan masuk ke Kutim,” ujarnya.

Sedangkan komoditi lainnya, fluktuasi harga menurut Doni masih stabil. Kenaikan harga berkisar Rp 1.000 hingga Rp 3.000 saja per kg.

Untuk minyak goreng kemasan 620 ml, dibandrol Rp 16.000, gula tebu sekitar Rp 18.000 per kg, garam Rp 3.000 per bungkus, cabe merah dibandrol dengan kisaran Rp 32.000-Rp 45.000 per kg.

Di lapak basah, ikan kakap, tongkol besar serta tuna dibandrol Rp 55.000 per kg. Ayam potong Rp 55.000 per kg serta daging sapi dibandrol Rp 130.000 per kg.(*)

Di Bontang Harga Bawang Putih Tembus Rp 150 Ribu/Kg

Sementara dari Bontang, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni bersama tim Satgas Pangan kembali menggelar monitoring harga di pasar Kota Bontang, Selasa (7/5/2019).

Memasuki hari kedua Puasa Ramadhan harga bawang putih masih tembus Rp 100 ribu- Rp150 ribu per kilogram.

Rombongan tiba di pasar sekitar pukul 10.00 Wita, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni didampingi Kapolres Bontang, AKBP Siswanto Mukti, Kadis Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM (Diskopdag-UMKM), Asdar Ibrahim, Kadis Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) menyambangi sejumlah lapak para pedagang.

Temuan tim harga bawang putih masih menyentuh Rp 100 ribu-Rp 150 ribu per kilogram. Kelangkaan stok bawang putih di pasaran membuat harga melambung 300 persen dari harga normal.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mengaku, stok bawang putih di Bontang dipasok dari Samarinda. Rata-rata pedagang memperoleh pasokan dari Pasar Segiri Samarinda. Stok di Ibu kota Kaltim pun tengah kosong akibatnya berdampak hingga ke Bontang.

“Belum datang, kemarin baru tiba mungkin besok baru didistribusikan ke kabupaten/kota lainnya dari Samarinda,” ujar Neni Moerniaeni

Stok bawang putih secara bertahap akan kembali normal seperti sedia kala. Pemenuhan stok ini akan diikuti dengan penurunan harga komoditi bawang putih.

“Rencananya nanti akan datang stok bawang putih sampai 250 ton di Kaltim. Kemungkinan tak lama lagi harga bisa normal,” ujarnya.

Di saat bersamaan, Kadis Diskopdag-UMKM, Asdar Ibrahim menambahkan diprediksi stok bawang putih akan tiba di Bontang sore ini.

Informasi terakhir, stok bawang putih mulai didistribusikan ke kabupaten/kota lainnya dari Samarinda sejak pagi tadi. Secara berkala, harga diproyeksi turun sampai Rp 50 ribu per kilogramnya dan secara berangsur harga kembali normal. “Jika sudah datang, kami akan kroscek lagi di lapangan apakah sudah stabil atau mulai turun,” ungkap Asdar. (*) 

BACA JUGA:

Mengenal Abdul Majid Al Zindani, Pria yang Menikahi Putri Aa Gym, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Cara Mudah Bisa Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan

Salah Kaprah tentang Waktu Imsak, Ini Penjelasan Tepat Ustaz Adi Hidayat

Tata Cara Sholat Tarawih dan Shalat Witir di Ramadhan 2019, Panduan Sholat Sendiri dan Berjamaah

Hadang Wacana People Power ala Amien Rais, TKN Jokowi-Ma’ruf Siapkan Gerakan Tandingan

Like dan Follow Facebook

Follow Twitter

Follow Instagram

Subscribe official YouTube

()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!