Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Tersangka, Walikota Rizal Ikut Prihatin | Kalimantan Timur Uri.co.id

Kalimantan Timur Uri.co.id

Menu

Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Tersangka, Walikota Rizal Ikut Prihatin

Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Tersangka, Walikota Rizal Ikut Prihatin
Foto Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Tersangka, Walikota Rizal Ikut Prihatin

URI.co.id, BALIKPAPAN – Langkah hukum yang dilakukan tim penyidik KPK di Kantor Bupati Kutai Kartanegara membuat Pemkot Balikpapan lebih mawas diri dan waspada. Walikota Balikpapan Rizal Effendi kepada wartawan, Rabu (27/9) mengungkapkan keprihatinannya atas peristiwa yang terjadi dengan Bupati Kukar Rita Widyasari.

Meski demikian, Rizal meminta seluruh masyarakat tetap menerapkan azas praduga tak bersalah. “Kita tetap prihatin tapi kita harus menghargai dan menjunjung asas praduga tak bersalah, Rita masih punya peluang untuk melakukan pembelaan,” katanya.

Baca: Ternyata Ini yang Bikin Si Murid Berangkatkan 65 Gurunya Jalan-jalan ke Luar Negeri

Rizal juga berharap dan berdoa agar Bupati Rita dapat menghadapi permasalahan ini dengan langkah-langkah hukum yang akan dilakukan.

“Langkah-langkah hukum yang beliau lakukan, ya kita hormati, kita hargai, jangan cepat menjustifikasi beliau. Ini kan ada tahapannya azas praduga tak bersalah juga harus diterapkan,” ujar Walikota yang siap maju pada Pilgub Kaltim 2018 ini.

Sebagai pejabat publik kekhawatiran akan penindakan KPK akan muncul apabila pemerintah daerah melakukan tindakan yang keliru. Namun apabila tidak melakukan hal-hal yang merugikan hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah.

Baca: PKB Kaltim Undang Kandidat Bakal Calon, Termasuk Rita Widyasari

Riza menegaskan dari peristiwa ini bisa menjadi bahan renungan bersama seluruh elemen pemerintah kota terutama dirinya sebagai Walikota Balikpapan mengevaluasi pelaksanaan tugas. Saat ini pemkot akan lebih menekankan pengawasan terutama di dinas-dinas yang rawan seperti Dinas PU, perizinan, keuangan dan lain sebagainya. Pengawasan ini dilakukan lebih rutin dan cermat agar tidak menjadi sebuah celah.

Rizal menyampaikan selain pengawasan terhadap instansi, pengawasan juga dilakukan terhadap pribadi. Menurutnya, sehebat apa pun pengawasan juga tergantung dari pribadi masing-masing. Lembaga pengawasan yakni Inspektorat juga dituntut harus efektif. (uri/enneth/inina/KA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Kalimantan Timur Uri.co.id