Ada 500 Formasi CPNS Nih, Guru dan Tenaga Kesehatan Paling Dicari, Catat Waktu Pendaftarannya | Kalimantan Timur Uri.co.id

Kalimantan Timur Uri.co.id

Menu

Ada 500 Formasi CPNS Nih, Guru dan Tenaga Kesehatan Paling Dicari, Catat Waktu Pendaftarannya

Ada 500 Formasi CPNS Nih, Guru dan Tenaga Kesehatan Paling Dicari, Catat Waktu Pendaftarannya
Foto Ada 500 Formasi CPNS Nih, Guru dan Tenaga Kesehatan Paling Dicari, Catat Waktu Pendaftarannya

URI.co.idKALTARA.CO, TANJUNG SELOR – Kabar gembira bagi para pencari kerja, khususnya yang tinggal di wilayah Kalimantan Utara.

Tahun ini Pemprov Kaltara mendapat jatah 500 formasi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Demikian dikemukakan Kepala BKD Provinsi Kaltara Muhammad Ishak kepada URI.co.id, belum lama ini.

“Baru 500 lowongan CPNS yang disetujui Kemenpan RB dari ribuan formasi yang diusulkan Pemprov Kaltara,” ujar Ishak.

Meski demikian, pihaknya tetap bersyukur walau kuota yang diberikan jauh dari kebutuhan pegawai di Pemprov Kaltara. Ishak mengatakan, saat ini akan berusaha agar 500 formasi CPNS tersebut sesuai kebutuhan.

Melihat Permenpan RB Nomor 20 tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017, sudah diatur jenis kriteria jabatan yang akan direkrut.

Baca: Sederet Aturan Seleksi CPNS di Pemprov Kaltara, Batas Umur Pelamar Maksimal 35 Tahun

Baca: Ada Lowongan 19.210 CPNS, Tertarik? Catat Tanggal Pendaftarannya

Posisi tenaga kesehatan (nakes), yakni dokter dan perawat 35 persen, guru 35 persen, dan jabatan pendukung infrastruktur 30 persen.

Di satu sisi, Pemprov Kaltara saat ini membutuhkan banyak pegawai untuk mengisi jabatan tenaga fungsional umum, seperti bendahara, pengelola keuangan, dan analis kepegawaian.

Termasuk jabatan fungsional tertentu, auditor dan arsip. “Kami harapkan kuota yang diberikan sesuai dengan formasi yang kami butuhkan,” kata Ishak.

Pemprov Kaltara membutuhkan banyak tenaga tenaga berbasis pengelolaan keuangan untuk memperkuat pengelolaan keuangan daerah.

“Kami berkoordinasi terus dengan Kemenpan RB agar 500 kuota tersebut, formasinya tidak kaku,” tambahnya.

URI.co.id beberapa kali mencatat, kebutuhan pegawai Pemprov Kaltara mencapai 1.032 orang per tahun.

Baca: BREAKING NEWS – Seleksi CPNS Bisa Dimajukan Agustus, Guru dan Dokter/Perawat Masuk Formasi

Baca: Ada 31 Formasi CPNS Disetujui, Tahun Ini Pemkab Berau Mungkin akan Buka Penerimaan CPNS

Penerapan moratorium sejak 2015, praktis kebutuhan pegawai pemprov menjadi 2.064 orang dalam kurun waktu dua tahun terakhir atau hingga 2016.

Ishak juga mengatakan, sedikitnya 5.164 formasi telah diunggah ke e-formasi Kemenpan RB.

Jumlah itu merupakan kebutuhan 5 tahun, 2015-2019. Ada pula 164 formasi untuk mendukung program Nawacita berdasarkan permintaan pusat.

Pelaksanaan seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kaltara tahun ini diinformaasikan Sekprov Kaltara H Badrun akan berlangsung Agustus mendatang.

“Kaltara termasuk provinsi yang akan melaksanakan rekrutmen CPNS 2017 bersama 2 provinsi lain. Saat ini tengah dibahas kira-kira nanti proses seleksi, kepanitiaan, dan lain-lain,” tuturnya.

URI.co.id Kaltim Edisi Senin (24/7/2017)

URI.co.id Kaltim Edisi Senin (24/7/2017) (URI.co.id)

Kepala BKD Kaltara Muhammad Ishak berasumsi pelaksanaan seleksi bisa berlangsung pada Agutus bulan depan. Pasalnya sejumlah Kementerian mulai membuka pendaftaran seleksi CPNS 1 Agustus.

“Jika Papua dan Papua Barat bisa siap, kita bisa melaksanakan juga pada Agustus. Kami (Kaltara) sudah sangat siap,” kata Ishak.

Dikonfirmasi kembali pada Senin (17/7/2017) lalu, Ishak belum bisa memastikan tanggal pelaksanaan seleksi.

Namun yang terpenting, Pemprov terus melakukan komunikasi dengan Kemenpan RB berkaitan dengan hal-hal teknis seleksi termasuk formasi jabatan yang diusulkan.

“Kita tunggu saja. Saya juga belum dapat kepastian tanggalnya. Setelah ada kepastian tanggalnya, nanti akan disampaikan pimpinan,” sebutnya.

1. Sistem Daring

Para pendaftar CPNS membludak di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utar.

Pelaksanaan seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kaltara yang rencananya digelar pada Agustus mendatang dipastikan tak banyak berubah dari seleksi tahun 2014.

BKD Kaltara mengklaim seleksi akan dilaksanakan terbuka dengan sistem daring atau online.

Mengacu Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017, publikasi dan pendaftaran peserta seleksi CPNS dilakukan secara online oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang secara teknis dikoordinasikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal resmi pendaftaran online sscn.bkn.go.id.

BKD Kaltara lanjut Kepala BKD Muhammad Ishak sudah memperbanyak perangkat komputer di Laboratorium Computer Assisted Test (CAT).

Laboratorium nanti digunakan saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Yang jelas kami siap. Dari komputer 51 unit, sekarang sudah diperbanyak menjadi sekitar 90 unit. Tinggal nanti pengecekan saat pelaksanaan tes,” ujarnya.

Baca: Sejak Dinyatakan Lulus Tes CPNS Tahun Lalu, Puluhan Honorer Belum Terima NIP

Baca: Hebat, Mantan Cleaning Service Lulus Tes CPNS

Jika waktu memungkinkan, akan diterapkan keseluruhan jenis seleksi baik seleksi administrasi, SKD, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Tahun lalu, Pemprov hanya menerapkan seleksi administrasi dan SKD, sedang SKB urung dilaksanakan demi menghemat waktu.

Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017 juga mengatur bahwa materi SKD CPNS meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai 4 pilar kebangsaan.

Dikenakan pula Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk menilai kemampuan verbal, numerik, dan berpikir logis.

Adapula Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai integritas diri, kreativitas, orientasi pelayanan, kemampuan kerjasama dalam kelompok.

Adapun SKB, diatur khusus. Materi seleksi ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional. Untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana.

Baca: Irianto Tak Tahu Tes CPNS Kaltara Diamati Pusat

Baca: 9 Jabatan Hasil Tes CPNS Pemprov Kaltara Tidak Terisi

“Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar,” bunyi Lampiran Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017.

Dalam penerapan SDK nanti kata Ishak, Menteri PAN RB akan menerapkan nilai ambang batas kelulusan (passing grade). “Nilai ambang batas ini bisa naik dari tahun lalu bisa juga turun,” sebutnya.

Tahun 2014, BKN menerapkan passing grade 70 poin pada materi tes TWK.

Artinya peserta harus memenuhi 40 persen jawaban benar dari 35 nomor soal yang diujikan.

Sedang materi tes TIU peserta diwajibkan memenuhi 50 persen jawaban benar dari 30 nomor soal untuk mencapai passing grade 75 poin.

Adapun materi tes TKP, peserta harus memenuhi passing grade 126 poin, atau 72 persen jawaban benar dari 35 nomor soal yang diujikan.

Pelaksanaan seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panselnas di bawah koordinasi Kemenpan RB yang secara teknis dilakukan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana.

Hal ini tertuang jelas dalam Lampiran Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017.

Sedang jadwal pelaksanaan seleksi diatur secara bersama antara Pejabat Pembina Kepegawaian dengan Kepala BKN dan ditembuskan kepada Menteri PAN RB.

Pembiayaan seleksi dibebankan kepada anggaran masing-masing instansi. (uri/ldi/ahma/AR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Kalimantan Timur Uri.co.id