Sosialisasikan Budaya Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Siapkan 2.412 Judul Buku | Kalimantan Timur Uri.co.id

Kalimantan Timur Uri.co.id

Menu

Sosialisasikan Budaya Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Siapkan 2.412 Judul Buku

Sosialisasikan Budaya Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Siapkan 2.412 Judul  Buku
Foto Sosialisasikan Budaya Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Siapkan 2.412 Judul Buku

PENAJAM – Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berupaya agar buku bacaan yang dimiliki dengan mudah bisa dibaca berbagai lapisan masyarakat.

Untuk itu, DPA giat mensosialisasikan keberadaan layanan perpustakaan keliling yang siap berkunjung ke desa/kelurahan dan tempat-tempat strategis di 4 kecamatan di seluruh Kabupten PPU.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten PPU, M Ridwan Effendi melalui Kepala Bidang Pelayanan Indah Rumainiah menyebutkan, beberapa tempat telah didatangi mobil layanan DPA antara lain, Posyandu Daya Taka, Desa Rintik, Kecamatan Babulu, Kantor Desa Labangka, Kecamatan Babulu sekaligus dilakukan Sosialisasi Budaya Gemar Membaca.

“Mobil layanan perpustakaan yang kita miliki, dalam minggu ini direncanakan akan melakukan kunjung ke Desa Binuang, Kecamatan Sepaku, dan sebuah desa di Kecamatan Babulu.

Buku-buku bantuan dari Perpustakaan Nasional yang berjumlah 5.523 exemplar itu telah dipastikan mempunyai nilai dan berkualitas karena pengarangnya rata-rata penyandang gelar professor, hal itu tentu menjadi hal yang luar biasa,” jelas Indah.

Menurutnya, buku-buku bacaaan yang disiapkan sangat bermanfaat karena didalamnya banyak mengandung keilmuan dan mengandung nilai manfaat.

Sebagai contoh beberapa warga Desa Api-api, Kecamatan Waru antusias dan menyambut baik upaya DPA dalam memberikan anjuran untuk gemar membaca.

Bahkan mereka mengaku setelah membaca dapat merasakan manfaat dari membaca buku, hanya membaca selama 15 menit sudah ada ilmu yang diketahui.
Menurut Indah, manfaat dan nilai baca itu dapat merangsang pembacanya untuk menggali informasi lebih banyak lagi.

Dengan demikian DPA lebih terdorong untuk membentuk desa literasi yaitu sebuah pusat perpustakaan yang terletak di sebuah desa yang rencananya berada di wilayah Kecamatan Babulu.

”Buku-buku yang isinya berkaitan dengan kegiatan masyarakat setempat setelah dibaca, kemudian dipelajari materinya dan bisa dipraktekkan serta dikembangkan di desa masing-masing,” harapnya. (advertorial/hums8). (uri/ldi/ahma/AR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Kalimantan Timur Uri.co.id