Jelang Mudik Lebaran Ditlantas Siagakan Puluhan Pos Lantas di Jalur Trans Kaltim-Kaltara | Kalimantan Timur Uri.co.id

Kalimantan Timur Uri.co.id

Menu

Jelang Mudik Lebaran Ditlantas Siagakan Puluhan Pos Lantas di Jalur Trans Kaltim-Kaltara

Jelang Mudik Lebaran Ditlantas Siagakan Puluhan Pos Lantas di Jalur Trans Kaltim-Kaltara
Foto Jelang Mudik Lebaran Ditlantas Siagakan Puluhan Pos Lantas di Jalur Trans Kaltim-Kaltara

Laporan Wartawan URI.co.id, Jelang Mudik Lebaran Ditlantas Siagakan Puluhan Pos Lantas di Jalur Trans Kaltim-Kaltara

URI.co.id, BALIKPAPAN – Lebih dari 50 Pos disebar jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim guna persiapan pengamanan mudik lebaran 2017. Hal itu diungkapkan Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya.

Pos tersebut terdiri dari Pos Pengamanan (Pospam) dengan jumlah 30, sementara Pos Pelayanan (Posyan) sebanyak 25 yang tersebar di Kaltim-Kaltara. Pengadaan Pospam dan Posyan guna mendukung operasi Ramadniya Mahakam 2017 yang bakal dimulai sejak 19 Juni hingga 4 Juli 2017 mendatang.

“Operasi tersebut bakal digelar 16 hari. Dimana polisi memberikan sentuhan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang melakukan mudik,” kata Subandriya.

Pos tersebut disebar di seluruh Kaltim-Kaltara, di setiap wilayah hukum Polres jajaran berbeda-beda jumlahnya. Hal tersebut disebabkan setiap wilayah mempunyai karakter masing-masing khususnya yang berkenaan dengan kepentingan lalu lintas.

“Ada Pospam dan Posyan masing-masing di Polres beda. Ada daerah yang punya obyek wisata, obyek lakalantas, obyek kemacetan, nah itu sudah kami mapingkan,” bebernya.

Pospam dibangun untuk memberikan pengamanan di obyek lokasi keramaian tertentu, seperti obyek rekreasi, penyebrangan, bandara, terminal, hingga lokasi rawan laka. Sementara Posyan lebih kepada pemberian pelayanan pemudik, dengan menyediakan rest area di sepanjang jalan trans Kalimantan.

“Dengan Waktu terbatas, personel terbatas dan anggaran terbatas, pun target capai terbatas. Kami akan maksimalkan operasi. Sehingga masyarakat aman beraktivitas menjelang lebaran,” sambungnya.

Disinggung daetah rawan laka lantas, perwira 3 bunga di pundaknya mengatakan dari data yang ia peroleh laka lantas terbanyak berada di kawasan Kukar, yakni di jalan trans kalimantan mulai dari kilometer 13 sampai kilometer 70.

“Saat ini kami akan mengonsep, yang dulu dikenal sebagai jalur tengkorak jadi jalur pariwisata. Di setiap penggal jalan akan ada 1 billboard yang bertuliskan imbauan dan kontak pospol terdekat,” tuturnya. (uri/osias/itohang/JS)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Kalimantan Timur Uri.co.id